Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Tahun 2013

Evaluasi diri sekolah (EDS) merupakan komponen penentu yang sangat penting dalam sistem pengembangan pendidikan nasional karena dengan EDS sekolah berperan dalam membangun informasi pendidikan nasional terutama dalam memotret kinerja sekolah dalam penerapan SPM dan SNP. Informasi yang terbangun menjadi dasar untuk dasar perencanaan peningkatan mutu berkelanjutan dan pengembangan kebijakan pendidikan pada tingkat kab/kota, propinsi, dan nasional.EDS dikembangkan sejalan dengan sistem penjaminan mutu, khususnya yang terkait dengan perencanaan pengembangan sekolah dan manajemen berbasis sekolah. EDS juga  dikaitkan dengan praktek dan peran kelembagaan yang memang sudah berjalan, seperti:

  • Manajemen Berbasis Sekolah
  • Perencanaan Pengembangan Sekolah
  • Akreditasi Sekolah
  • Implementasi SPM dan SNP
  • Peran LPMP/BDK dan P4TK
  • Peran Pengawas
  • Manajemen pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah propinsi dan kabupaten
  • Rencana Pembangunan Nasional Bidang Pendidikan, Renstra Kemendiknas,dan Renstra Kemenag)

 

EDS bukanlah proses yang birokratis atau mekanis, melainkan suatu proses dinamis yang melibatkan semua pemangku kepentingan dalam sekolah. EDS perlu dikaitkan dengan proses perencanaan sekolah dan dipandang sebagai bagian yang penting dalam kinerja siklus pengembangan sekolah. Sebagai kerangka kerja untuk perubahan dan perbaikan, proses ini secara mendasar menjawab 3 (tiga) pertanyaan kunci dibawah ini:

  1. Seberapa baikkah kinerja sekolah kita? Hal ini terkait dengan kriteria untuk perencanaan pengembangan sekolah dan indikator yang relevan dari SPM dan SNP.
  2. Bagaimana kita dapat mengetahui kinerja? Hal ini terkait dengan bukti apa yang dimiliki sekolah untuk menunjukkan pencapaiannya.
  3. Bagaimana kita dapat meningkatkan kinerja? Dalam hal ini  sekolah melaporkan dan menindaklanjuti apa yang telah ditemukan sesuai pertanyaan di atas (perencanaan pengembangan sekolah)

 

Sekolah menjawab ketiga masalah ini setiap tahunnya dengan menggunakan seperangkat indikator kinerja untuk melakukan pengkajian yang obyektif terhadap kinerja mereka berdasarkan SPM dan SNP yang ditetapkan Kab/Kota, dan mengumpulkan bukti mengenai kinerja peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan. Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan 8 standar nasional  dan standar pelayanan minimal yang paling relevan bagi sekolah: proses belajar mengajar termasuk isi,kompetensi lulusan, dan penilaian; pengelolaan sekolah,  kompetensi pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, serta pembiayaan. Informasi tambahan seperti tingkat ketercapaian kinerja sekolah dalam memenuhi kebutuhan semua peserta didiknya dan kapasitas sekolah untuk perbaikan serta dukungan yang dibutuhkan juga dimasukkan di sini. Data dapat juga dikaitkan dengan kebutuhan lokal dan informasi khusus terkait dengan kondidi sekolah. Informasi kuantitatif seperti tingkat penerimaan siswa baru, hasil ujian, tingkat pengulangan dan lain-lain, beserta informasi kualitatif seperti pendapat dan penilaian profesional dan para pemangku kepentingan di sekolah dikumpulkan guna mendapatkan gambaran secara menyeluruh. Semua informasi ini kemudian dipergunakan sebagai dasar untuk mempersiapkan suatu rencana pengembangan sekolah yang terpadu.

Tahun 2013 ini kegiaan EDS kembali dilaksanakan dengan sasaran semua satuan pendidikan yang telah memiliki NPSN. Ada beberapa hal baru dalam EDS Tahun ini, karena EDS tahun ini terinegrasi dengan kegiatan Verifikasi NUPTK melelui website PadamuNegri.

Bapak/Ibu, untuk mempersiapkan diri dalam kegiatan EDS dan pengisian instrumen EDS tersebut, bersama ini saya sediakan beberapa file yang semoga bisa menjadi bahan pembelajaran dalam menghadapi pelaksanaan kegiatan EDS tahun 2013 ini. Silahkan Bapak/Ibu klik link/tautan dibawah ini :

Overview EDS

01 INSTRUMEN – SD

02 INSTRUMEN – SMP

03 INSTRUMEN – SMA

04 INSTRUMEN – SMK

PADAMU – PANDUAN UNTUK SEKOLAH

Panduan-EDS Final

EDS utk pmp

INSTRUMEN EDS 2013 revisi

 

Bapak/Ibu juga bisa melihat video pembelajaran cara mengisi instrumen EDS. Silahkan lihat tayangan dibawah ini :

 

About these ads

5 Balasan ke Evaluasi Diri Sekolah (EDS) Tahun 2013

  1. Budi Hendratno mengatakan:

    Trimakasih pak pengawas, sedikit ada pencerahan, permasalahan yang muncul disekolah penapsiran orang tentang pengisian EDS beragam, akhirnya membingungkan.

  2. smpsdcp mengatakan:

    Siswa telah mengisi EDS hingga 30, namun terbaca di EDS Padamu Negri tetap 28 siswa, harap pencerahannya. see us on http://smpdcp.blogspot.com/

  3. Eni Pujiastuti mengatakan:

    okey terima kasih pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: