Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP Bakal Naik

Jakarta, Kompas – Kementerian Pendidikan Nasional bakal menaikkan anggaran bantuan operasional sekolah jenjang SD dan SMP pada tahun 2012 sebesar 30 persen. Tambahan dana sekitar Rp 7,8 triliun tersebut bisa menutupi 100 persen biaya operasional sekolah.

”Saat ini BOS hanya mencukupi sekitar 70 persen kebutuhan sekolah. Dengan kenaikan anggaran ini, kebutuhan operasional sekolah seluruhnya tertutupi dana BOS sehingga sekolah negeri tidak punya lagi alasan untuk melakukan pungutan kepada orangtua murid,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Kamis (9/6).

Nuh menjelaskan, kenaikan bantuan operasional sekolah (BOS) yang diusulkan untuk SD adalah Rp 580.000 per siswa per tahun. Besaran BOS sekarang bagi siswa SD di kabupaten Rp 397.000 dan di kota Rp 400.000.

Besaran BOS di SMP yang diusulkan sebesar Rp 710.000 per siswa per tahun. Saat ini, dana BOS yang diberikan di SMP senilai Rp 570.000 di kabupaten dan Rp 575.000 di kota.

Total dana BOS yang diusulkan tahun 2012 sebesar Rp 27,67 triliun. Anggaran ini untuk membiayai 31.328.124 siswa SD/MI dan 13.384.121 siswa SMP/MTs.

Menurut Nuh, dana BOS digunakan untuk pembelian alat tulis sekolah, bahan dan alat habis pakai, daya dan jasa, pemeliharaan dan perbaikan, transportasi, konsumsi, asuransi, pembinaan siswa atau kegiatan ekstrakurikuler, pelaporan, serta uji kompetensi.

Komisi X mendukung peningkatan alokasi BOS. Namun, pemerintah pusat diminta tetap ”memaksa” pemerintah provinsi dan kota/kabupaten untuk mengalokasikan BOS daerah.

”Dana dari pemerintah daerah digunakan untuk memperkuat sekolah, seperti untuk siswa miskin dan peningkatan mutu pendidikan,” ujar Hetifah Sjaifudian, anggota Komisi X.

Ubah penyaluran

Saat ini kucuran dana BOS menjadi sumber dana utama operasional sekolah. Sergius Womsior, Kepala SMPN Satu Atap 1 Wasur, Merauke, Papua, mengatakan, dana BOS di sekolahnya juga dipakai untuk membayar honor guru bantu dan siswa yang tinggal di asrama sekolah.

”Dana BOS juga kami gunakan untuk membeli beras untuk rakyat miskin atau raskin supaya siswa yang tinggal di asrama sekolah bisa makan. Namun, dana BOS sering terlambat sehingga sekolah sulit menebus raskin. Banyak siswa yang rumahnya jauh minta pulang ke rumah supaya tetap bisa makan,” ujar Sergius yang dijumpai secara terpisah.

Keterlambatan dana BOS yang dikucurkan per triwulan memang menjadi keluhan banyak sekolah. Pihak sekolah terpaksa berutang untuk bisa memenuhi kebutuhan operasional sekolah.

Nuh mengatakan, pada tahun ini kucuran dana BOS dari pemerintah pusat disalurkan ke APBD kabupaten/kota lalu ke sekolah.

”Namun, cara ini ternyata menimbulkan kelambatan. Mulai tahun depan, mekanisme penyaluran BOS dikembalikan seperti semula dari pusat ke pemerintah provinsi dan langsung ke sekolah,” kata Nuh.

Penyaluran dana BOS juga sering terkendala masalah teknis, baik di tingkat kabupaten/kota maupun sekolah. Untuk mengatasi persoalan tersebut, pelatihan soal BOS diberikan pemerintah bekerja sama dengan Australia melalui AusAID.

Dalam pelatihan, setiap sekolah dan madrasah mengirimkan tiga orang, yaitu kepala sekolah, bendahara, dan perwakilan masyarakat di komite sekolah atau tim BOS sekolah. Tujuannya supaya sekolah dapat meningkatkan tata kelola dan akuntabilitas sehingga mampu memanfaatkan dana BOS dan sumber lainnya di sekolah secara efektif, efisien, dan akuntabel. (ELN)

 

Sumber : http://cetak.kompas.com/read/2011/06/10/03040319/bos.sd.dan.smp.bakal.naik

Iklan

5 Responses to Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD dan SMP Bakal Naik

  1. karina berkata:

    setuju dana BOS dialokasikan dari pusat ke daerah prop lalu ke sekolah, BOS juga harus tepat .sasaran sesuai dengan kebutuhan sekolah bukan kebutuhan pemimpin daerah dengan alasan partisipasi./dukungan

  2. romian lbn Siantar, S. Pd berkata:

    apakah benar jika dana bos itu bkn diperuntukkan untuk murid yang tidak mampu?
    Sekolah ditpt anak saya belajar, dana bos itu tidak disalurkan pada anak, kalau mw dpt dana bos,hrs ada surat miskin dari RT, RW, Lurah dan Camat. Apa itu tdk berlebihan pak?
    Mhn diaudit sekolah-sekolah yang ada di Batam Pak, Ada sekolah yang mendapat dana BOS pdhl tdk ada komite.
    Gimana itu Pak….

    • ramanegalih berkata:

      Peruntukan dana BOS sdh diatur dalam buku petunjuk BOS. Ada 12 Poin kegiatan yang dapat dibiayai oleh dana BOS. Salah satu diantaranya adalah untuk bantuan transport siswa miskin. Untuk penggunaan dana BOS disekolah, harus diketahui oleh komite atau warga sekolah berdasarkan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Bahkan sekolah harus menempelkan rencana anggaran sekolah dan rencana penggunaan dana bos di papan pengumuman agar semua warga sekolah dan masyarakat dapat mengetahuinya. Kalo semua kepala sekolah dalam pengelolaanya berdasarkan pada aturan diatas, saya pikir tidak akan terjadi permasalahan. Semoga.

      • romian lbn Siantar, S. Pd berkata:

        Bagaimana dengan sekolah yg tidak ada komite adakah sanksi bagi sekolah yang tidak ada komitenya. Bahkan pengumuman untuk rancangan danapun tidak ada di papan pengumuman.
        Apa konsekwensinya bagi sekolah seperti yang saya sebutkan tadi.

  3. sergius womsiwor berkata:

    Terima kaksih atas saran dan koreksi yg sangat baik ini.nama saya sergius womsiwor kepala SMP SMA SATAP TERINTEGRASI FORMAL NON.FORMAL GRATIS BERPOLA ASRAMA MERAUKE PAPUA. saya pun keberatan jika Ada sekolah tdk ada komite dan benar bhw setiap keuangan yg disalurkan oleh pemerintah dan donatur tertentu ke sekolah semestinya disampaikan ke ortu .Tentang Dana BOs direalisasi sesuai aturan pun sy setuju, hanya disini sy mengalami kesulitan krn pendidikan berpola asrama yg sy kelola ini sejak 2010 sampai saat ini belum ada BOP Asrma,maka BOS sy dan teman teman guru pakai membiayai asrama yg nota bene anak-anak berasal dari Daerah kategori 3 T.Dan sy dibantu Bupati dalam hal Beras setiap bulan .Kiranya pengabdian setiap guru di negeri ini menyenangkan setiap hati ortu yg telah menaruh harapan kpd setiap guru dgn loyalitas dan pengabdian yg tinggi demi mencerdaskan anak bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: