Penilaian Kinerja Sekolah Menengah Pertama Untuk Menuju Sekolah Standar Nasional

Sebagaimana amanat UUSPN No 20 Tahun 2003, PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, PP No 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Kewenangan urusan Pendidikan, dan PP No 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan bahwa semua sekolah (SMP) harus memenuhi Standar Nasional Pendidikan.

 

Untuk itu, pemerintah sejak tahun 2003 telah melaksanakan pembinaan kepada sekolah-sekolah sesuai dengan kewenangannya untuk dikembangkan menjadi sekolah yang standar berdasarkan peraturan perundangan tersebut. Salah satu bentuk pembinaan tersebut adalah penetapan sekolah sebagai Sekolah Standar Nasional atau SSN.

 

Dalam upaya pengembangan yang berkelanjutan tentang pemenuhan SNP ini, diharapkan tiap sekolah yang masih tergolong potensial diharapkan untuk menjadi sekolah yang memenuhi SNP, khususnya menjadi SSN. Oleh karena itu, diharapkan sekolah tersebut dapat melakukan evaluasi diri sekolah (EDS), baik tentang kinerjanya maupun dokumen portofolio untuk mengetahui sejauhmana sekolah telah memenuhi indikator-indikator SNP sehingga layak untuk menjadi SSN. SNP yang dimaksudkan adalah meliputi SKL, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarpras, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Dalam melakukan EDS tersebut sekolah khususnya dalam hal ini adalah untuk jenjang SMP, sekolah diwajibkan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Direktorat PSMP.

Untuk mendapatkan instrumen EDS tersebut, silahkan Bapak/Ibu klik link/tautan dibawah ini :

1. BUKU INDIKATOR SNP

2. INSTRUMEN EDS DOKUMEN PORTOFOLIO SMP POTENSIAL MENUJU SSN 2013

3. ISTRUMEN EDS KINERJA SMP POTENSIAL MENUJU SSN 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: