Pemilihan Guru SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun 2016

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, guru tidak hanya memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi era global.
Era globalisasi menuntut SDM yang bermutu tinggi dan siap berkompetisi, baik pada tataran nasional, regional, maupun internasional. Pemilihan guru berprestasi dimaksudkan antara lain untuk mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru, yang diharapkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja dan prestasi kerjanya. Peningkatan kinerja dan prestasi kerja tersebut dapat dilihat dari kualitas lulusan satuan pendidikan yang mampu menjadi SDM berkualitas, produktif, kreatif, dan kompetitif.
Pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk memberdayakan guru, termasuk guru yang berprestasi. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 36 ayat (1) mengamanatkan bahwa ”Guru yang berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di daerah khusus berhak memperoleh penghargaan”.
Dengan ditetapkannya undang-undang dimaksud, penghargaan kepada guru berprestasi mengalami penguatan. Pemberian penghargaan itu dilakukan berdasarkan tingkat, jenis, dan jenjang satuan pendidikan. Penghargaan dapat diberikan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, organisasi profesi, dan/atau satuan pendidikan. Penghargaan dapat diberikan pada tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan nasional.
Penyelenggaraan pemilihan guru berprestasi dilaksanakan secara bertingkat, mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai pada tingkat nasional. Secara umum, pelaksanaan pemilihan guru berprestasi telah berjalan dengan lancar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Namun demikian, demi terpilihnya guru berprestasi yang objektif, maka pelaksanaan pemilihan guru berprestasi perlu ditingkatkan secara terus menerus.

Bapak dan Ibu Guru, demikian pula di Kabupaten Pandeglang juga akan menyelenggaran pemilihan guru berprestasi yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 26 s.d. 27 Mei 2016, dan direncanakan bertempat di SMA Negeri 4 Pandeglang yang berada di Kecamatan Menes.

Sebagai bahan persiapan bagi Bapak dan Ibu yang akan mengikuti kegiatan tersebut, berikut ini saya sediakan Buku Pedoman Pemilihan Guru Berprestasi Tahun 2016.

Untuk mengunduhnya, silahkan bapak/ibu klik tautan dibawah ini :

Surat Dirjen GTK tentang Pemilihan GTK Berprestasi 2016

01. PEDOMAN GUPRES SD 2016

02. PEDOMAN GUPRES SMP 2016

03. PEDOMAN GURPRES SMA/SMK TAHUN 2016

 

Iklan

2 Responses to Pemilihan Guru SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun 2016

  1. teti berkata:

    pedoman untuk tenaga perpustakaan berprestasi ada tidak ya ?? kalau ada minta link nya yg bisa diunduh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: