Persiapan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018

Bapak/Ibu, memasuki tahun 2018 BAN S/M kembali akan melaksanakan kegiatan akreditasi bagi sekolah/madrasah terutama bagi sekolah yang belum pernah akreditasi, maupun sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang, karena sudah 5 tahun atau lebih masa berlakunya sertifikat akreditasi.

Kunci keberhasilan akreditasi salah satunya adalah perencanaan yang baik di sekolah dalam menghadapi akreditasi. Salah satunya adalah pembentukan panitia akreditasi tingkat sekolah/madrasah yang dibentuk oleh kepala sekolah/madrasah guna mempersiapkan segala hal dalam menghadapi akreditasi yang mencakup 8 Standar Nasional Pendidikan.

Untuk mempersiapkan diri, sekolah harus mempelajari instrumen akreditasi serta mempersiapkan untuk mengisi Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi Sekolah/Madrasah.

Bapak/Ibu untuk membantu sekolah mempelajari instrumen dan mempersiapkan data-data pendukung akreditasi, berikut saya unggah instrumen dan format yang semoga bisa membantu sekolah/madrasah menghadapi akreditasi. Untuk mengunduh dokumen-dokumen tersebut, silahkan klik tautan dibawah ini :

  1. Perangkat Akreditasi SD-MI 2017
  2. IPDIP Akreditasi SD-MI 2017
  3. Perangkat Akreditasi SMP-MTs 2017
  4. IPDIP Akreditasi SMP-MTs 2017
  5. Perangkat Akreditasi SMA-MA 2017
  6. IPDIP Akreditasi SMA-MA 2017
  7. Perangkat Akreditasi SMK 2017
  8. IPDIP Akreditasi SMK 2017

 

Selamat mempersiapkan diri menghadapi akreditasi, semoga sukses..!!!

23 Responses to Persiapan Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2018

  1. M. Adnan berkata:

    Kapan Madrasah diakreditasi jika masa akhir akreditasi tgl. 2 Desember 2018, apakah diakreditasi di tahun 2018?

    • Sumarso, M.Pd. berkata:

      Iya Pak, tapi itu juga tergantung dengan kuaota yang ada. Sekolah/Madrasah silahkan menghubungi Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) di Kabupaten/Kota masing-masing.

  2. Eli Hurriyyati berkata:

    sekolah saya masa akhir akreditasinya Oktober 2019. apa mungkin diakreditasi di tahun 2018. Menurut info dari pengawas sekolah kami akreditasi tahun ini.

    • Sumarso, M.Pd. berkata:

      Ibu bisa mengajukan penundaan bila keberatan atau belum siap kepada BAP melalui UPA, tapi bila kuota tahun ini sekolah ibu masuk daftar, menurut saya itu lebih baik, karena bisa saja tahun 2019 kuotanya terbatas. Tinggal kembali kepada warga sekolah siap atau tidak bila tahun 2018 ini diakreditasi. Terimakasih

  3. Arisman Gulo berkata:

    Pak. batas akhir pengiriman Instrumen Pendukung Data Akreditasi tahun 2018, tanggal berapa? Terimakasih.

    • Sumarso, M.Pd. berkata:

      Tanggal 31 Mei 2018. Segera isi DIA, bila ada kesalahan nantinya bisa diperbaiki.

      • sri berkata:

        pak batas pengisisian Instrumen akreditasi tahun 2018, tanggal dan bulan apa?

      • Sumarso, M.Pd. berkata:

        Sepengetahuan saya, sekarang (Juli) masih bisa mengisi/memperbaiki DIA. Tapi lebih jelasnya Bapak bisa berkonsultasi dengan KPA di kabupaten/kota bapak berada. Terimakasih.

  4. Umi Robingah berkata:

    Pak, Akreditasi bulan Juli 2018, berapa tahun pelajaran dokuemen yang harus dipersiapkan?Apakah juga termasuk tahun pelajaran 2018/2019 yang baru/akan berjalan? terimakasih

  5. komalaratna9@gmail.com berkata:

    pak sekolah kami akriditasi tahun ini tapi belum mengirimkan Data isian Akriditasi (DIA) bagaimana apa akriditasinya di tunda?

    • Sumarso, M.Pd. berkata:

      Kalau sesuai ketentuan, pengisian DIA sdh ditutup oleh sistem. Tetapi coba hubungi UPA/KPA setempat. Terimakasih

  6. fauzi berkata:

    kalau untuk wilayah jakarta selatan itu dimana ya pak UPA/KPA, dan untuk wilayah jakarta selatan, akreditasinya kapan ya pak, terimakasih

    • Sumarso, M.Pd. berkata:

      Bapak bisa menghubungi Kantor Sudin Pendidikan dan Kebudayaan di Kota. Karena KPA/UPA berkedudukan di Kabupaten/Kota. Bapak bisa menanyakan langsung kantor KPA dan nanti bisa berkonsultasi tentang jadwal Visitasi Akreditasi tahun 2018 ini. Terimakasih

  7. Debby berkata:

    pak jika dokumen pelajaran yg kami siapkan utk akreditasi tahun 2018 adalah dokumen 2016/2017,2017/2018,2018/2019 apa bisa?

  8. fara berkata:

    mau tanya kalau untuk sekolah yg baru buka 2 tahun ditahun berapakah bisa terakreditasi karena saya mau mendaftarkan anak saya tapi masih ragu takutnya tidak ada akreditasinya.

    • Sumarso, M.Pd. berkata:

      Syarat sekolah untuk diakreditasi antara lain :
      Memiliki NPSN, telah meluluskan, memiliki peserta didik di setiap rombongan belajar, memiliki ijin pendirian/operasional, dan melaksanakan kurikulum yg berlaku secara nasional. Bila sekolah putra ibu baru 2 tahun berdiri, maka bisa 1 – 2 tahun lagi bisa terakreditasi. Ibu bisa mengecek sekolah2 yg sdh terakreditasi beserta peringkatnya melalui website BAN S/M.
      Terimakasih

  9. liawati berkata:

    untuk wilayah jabar kabupaten bandung barat udah ada jadwal vitasinya belum,sekolah kami termasuk sasaran 2018

    • Sumarso, M.Pd. berkata:

      Setahu saya, saat ini sedang maping untuk sekolah yg layak divisitasi dan maping Asessor yg akan melakukan visitasi dan verifikasi. Kemungkinan bulan Agustus akhir atau awal September akan ada kegiatan visitasi. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: