Peran Penting Media dalam Pembelajaran

Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang digunakan.

Meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respon yang diharapkan siswa kuasai setelah pembelajaran berlangsung, dan konteks pembelajaran termasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.

Guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran sudah seharusnyalah dapat menciptakan atau mempergunakan media yang sudah ada dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Agar guru mempunyai gambaran serta dasar-dasar penggunaan media pembelajaran, disini saya sediakan file-file yang memuat tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan media pembelajaran. File-file ini saya kumpulkan dan saya ambil dari situs milik Prodi Teknologi Pendidikan, UPI Bandung.

Silahkan Bapak/Ibu mengambil file-file tersebut dengan meng-klik link/tautan dibawah ini :

1-hakikat-media-dalam-pembelajaran

2-klasifikasi-media-pembelajaran

3-desain-media-pembelajaran

4-pemilihan-media

5-teknik-pembuatan-media

6-teknik-menggunakan-media

7-media-komputer

8-media-non-proyeksi

9-media-proyeksi

2 Responses to Peran Penting Media dalam Pembelajaran

  1. Cik Rohaya berkata:

    salam…saya student lagi..sebenarnya saya di beri tugasan mengenai peranan media dalam pendidikan..boleh tak tolong saya????…

    Suka

  2. Berry Meranda berkata:

    anak TEKPEN angkatan berapa..?

    salam tretek pend… 😀

    Suka

Tinggalkan komentar